Ada apa dengan Pangandaran...

Ada apa dengan Pangandaran... Kabupaten baru di jawa barat yang ber-Ibu kota di parigi ini sudah lama terkenal dengan pantainya yang indah, garis pantai yang panjang dan memiliki dua sisi barat dan timur menjadi salah-satu daya tarik Pangandaran selain sea food & cagar alamnya. Satu sisi menarik yang ingin diulas saat ini adalah, pangandaran selalu menjadi destinasi favorite bagi bikers / riders, club dan komunitas roda dua.

Pangandaran menjadi tempat yang “Sakral” bagi bikers di jawa-barat bahkan mungkin di Indonesia. Menurut catatan, pada tahun 1973, Harley Club Bandoeng mengadakan Wing Day di pangandaran.Kondisi saat itu pasti belum seperti sekarang, jalan mulus dan terang, perjalanan dari Bandung menuju Pangandaran ditempuh dalam 2 hari... hmmm kebayang situasi saat itu. Diperkirakan, setelah kegiatan wing day tersebut, Pangandaran lambat laun menjadi destinasi riding para bikers.

Dekade berlalu hingga sekarang, entah apa yang mendasari, club & komunitas motor seperti terobsesi untuk sekedar riding atau bahkan pelantikan anggota, gathering dan sejenisnya disana. Seolah Pantai Pangandaran adalah tempat yang WAJIB didatangi oleh bikers. Beberapa club / komunitas bahkan mendeklarasikan diri disana.

Padahal kalau mau ditelusuri, Jawa barat kaya sekali akan alamnya, dalam hal ini pantainya, tidak cuma Pangandaran. Belakangan mulai menyeruak tujuan wisata disekitar Pangandaran, sepeti Citumang, Green canyon, Batu Karas dan Madasari, tapi “mereka” belum bisa mengalahkan “ pamor “ Pangandaran. Magnet Pantai Pangandaran salah-satunya dibuktikan oleh sebuah acara “ Touring Gabungan” club & komunitas motor & mobil se- jawa barat pada pertengahan tahun 2018.

Saat itu, sekitar 5000 orang anggota club dan komunitas motor & mobil tumplek disana yang otomatis membuat Pangandaran jadi sangat “meriah”. Pesona pangandaran saat itu seolah sangat “menarik” bagi para peserta Touring tersebut, kalau boleh dibilang, mungkin kalau saat itu destinasinya bukan Pangandaran, keliatannya tidak akan sebesar itu antusiasme para peserta. Seperti yang sudah ditulis diatas, Pantai Pangandaran adalah tempat yang sakral bagi bikers di jawa-barat khususnya, bahkan humor yang beredar dikalangan bikers adalah... “Kamu belum “sah” jadi bikers kalau belum riding ke Pangandaran”. Hal ini sudah berjalan bertahun – tahun dan sampai sekarang tetep aja bikers nggak pernah bosen riding kesana.

Jawa Barat punya puluhan pantai yang indah dan seru untuk para bikers, tapi Pangandaran tetap punya pesona tersendiri yang bisa “menyihir” para bikers untuk tetap datang kesana. Apapun itu, pesona Pangandaran nggak bisa dilukiskan dengan kata-kata, bahkan kata indah dan nyaman pun belum bisa men-deskripsikan penuh pesona Pantai Pangandaran... Ada apa dengan Pangandaran? ... Entahlah, mungkin memang Pantai Pangandaran sudah memiliki garis takdir sebagai “surga”nya bikers.

 

-DE -