The Builders

Ada Chandra, Decky, dan Fahmi yang akan berkolaborasi membantu pemenang motor besar Coklat Retro custom saat melakukan modifikasi. Chandra adalah pemilik Pickers Store, Decky adalah ilustrator yang biasa berkarya dengan typography dan handlettering, serta Fahmi yang merupakan pemilik Freelow Kustom Paint. So, what’s their story for this project? Kita cek di sini, brad!

Decky Sastra
( Hand lettering )

Salah satu The Builders yang akan ikut memodifikasi motor besar Coklat Retro Custom dan juga mendesain Shell Pack Coklat Retro adalah seorang laki-laki kelahiran tahun 1988 yang hobi bermain motor jadul! Dari hobi main motornya ini, Decks mulai tekun berkarya dengan tema retro atau vintage.

Decky Sastra Putra atau biasa disapa Decks adalah seorang desainer komunikasi visual.  Decks biasa berkreasi dengan teknik Hand lettering, Typography, dan ilustrasi dengan kekuatan garis yang terlihat raw dan vintage. Decks tidak membatasi media yang ia gunakan untuk berkreasi. Apapun medianya yang memang bisa direspon dengan karyanya, maka akan ia kerjakan dengan senang hati. Kebanyakan medianya berada di seputar helm motor, jaket kulit, jaket jeans, dan juga papan skateboard.

Tapi bagaimana, ya, Decks memulai semua ini? 

Jadi ternyata, kesukaan Decks terhadap benda atau karya berbau vintage ini bermula dari kaleng permen jadul yang mempunyai ciri khas. Selain itu, poster motor dan cover-cover album band era 60-80an dengan komposisi typography yang sederhana dan kental dengan nuansa retro adalah hal yang membat Decks tertarik untuk mendalami desain yang satu ini. Ditambah lagi dengan hobinya bermain motor jadul, jadi Decks merasa pas untuk bermain desain bernuansa retro. Referensi utamanya adalah iklan motor era 70-80an dan berbagai logo motor retro yang menurutnya memiliki keunikan tersendiri.

Dengan modal dasar sebagai ilustrator, Decks sering menombinasikan karyanya dengan typography. Hal ini kemudian menjadi ciri khas karyanya dengan kesan tidak rapih, rusty, dan vintage. Selain itu, Decks juga senang mengambil tema Vintage Motorcycle di ranah kustom kulture. 

Lalu bagaimana cerita Decks saat mendesain Shell Pack Coklat Retro?

Decks yang mengagumi Joncontino, seniman ala Amerika Serikat, ini mengawali garis desainnya dengan sketsa yang disesuaikan dengan komposisi packaging. Selanjutnya, Decks mulai membuat objek yang memiliki komponen-komponen berkesan retro untuk mengisi spirit kustom kulture yang diangkat oleh Coklat Retro. Untuk membuat Shell Pack semakin eksklusif, Decks mengambil beberapa elemen iconic di Shell Pack tersebut agar mudah dikonsumsi secara visual!

Keren, ya, Brad! Sekarang jadi nggak sabar untuk nungguin Decks berkarya memodifikasi motor besar Coklat Retro custom, nih! Lo udah ikutan daftar, brad? Jangan ditunda lagi. Buruan daftarkan diri lo di laman ini dan lakukan verifikasi datanya. Jangan lupa share arti kata RETRO menurut lo, dan tungguin pengumuman 10 pemenang undian yang akan bertanding memperebutkan 1 Motor Triumph Bonneville!

Good luck, Brad!

Fahmi
( CUSTOM BUILDER / PINSTRIPER / FREEFLOW )

Pemilik workshop Freeflow Kustom Paint bernama lengkap Mochamad Syamsul Fahmi atau akrab disapa Fahmi akan menjadi salah satu bagian dari modifikasi motor besar Coklat Retro custom, brad!

Sejak tahun 2003, Fahmi sudah serius mendalami seni terapan yang biasa diaplikasikan ke media melalui seni pengecatan dengan berbagai macam teknik diantaranya adalah pinstriping, hand lettering, hand painting, dan gold / silver leafing. Mau tahu yang bikin spesial, brad? Freeflow Kustom Paint merupakan geng kustom pertama di Asia Tenggara yang menggunakan teknik leafing tersebut. Kebayang, ya, skill mereka kayak gimana?

Fahmi dan Freeflow Kustom Paint ini memang sudah terkenal dengan di dunia modifkasi motor vintage dengan  teknik pinstripe dan hand lettering yang memiliki sentuhan etnik – tradisional Indonesia. Awal perjalanannya adalah orderan untuk membuat karya custom di media motor besar. Akhirnya menggarap modifikasi motor besar jadi salah satu spesialisasi workshopnya.

Kalau baca cerita begini, jadi pengin tahu, dari mana datangnya inspirasi saat memodifikasi atau mengerjakan sebuah karya?

Kata Fahmi, inspirasi bisa datang dari mana saja. Perhatikan banyak hal di sekitar kita, mulai dari cerita atau postingan teman di sosial media, majalah, berita-berita dan informasi di internet, dan lainnya. Tapi salah satu hal yang selalu menarik perhatian Fahmi adalah seni tradisional Indonesia yang entah bagaimana selalu menjadi inspirasi utama. Sentuhan etnik ini selalu berhsail dikombinasikan dengan teknik berkarya yang Fahmi miliki.

Ada cerita membanggakan dari Fahmi saat Freeflow Kustom Paint ikutan Yokohama HRCS 2015, Brad! Jadi mereka ikutan kontes Custom Paint yang diadakan oleh panitia acara tersebut, tanpa disangka, Freeflow mendapatkan penghargaan! Apa yang bikin paling bangga? Karena Freeflow mewakili Indonesia, menjadi peserta pertama dari Asia yang mendapatkan award selain negara Jepang! KEREN!

Lalu bagaimana, ya, cerita dibalik Shell Pack Coklat Retro?

Fahmi melakukan korelasi antara proses pembuatan Coklat Retro dengan kebiasaannya saat berkarya. Fahmi berusaha menonjolkan kesan handmade atau craftmanship. Fahmi membuat karyanya di atas plat besi, seperti saat membuat poster enamel. Dan tentunya, sebagai tanda personal touch dari Fahmi, ada pola dekorasi etnik lokal dalam desainnya.

Wah! Jadi nggak nungguin Fahmi berkolaborasi dengan dua The Builders lainnya memodifikasi motor besar Coklat Retro! Supaya lo nggak ketinggalan kesempatan untuk mendapatkan hadiah utama 1 unit motor Triumph Bonneville, langsung daftar aja di sini, Brad!

Chandra
( Custom Builder / Pickers Store )

Senang melihat barang-barang retro dan vintage serta motor modifikasi yang mempunyai gaya personal menjadi alasan Chandra  mendirikan Pickers Store. Ia ingin menjadi pendukung local movement di bidang kustom kulture!

Brad, kita kenalan dulu sama Chandra, pemilik Pickers Store yang tidak asing dengan kustom kulture. Rasa tertarik Chandra mulai muncul saat melihat-lihat majalah berbahasa asing yang berhubungan dengan kustom kulture. Selain itu Chandra juga menyukai kendaraan-kendaraan retro atau vintage serta aplikasinya yang dianggap khas, unik, dan tidak original.

Menurut Chandra, kendaraan yang sudah dimodifikasi ini jadi memiliki nilai tersendiri. Gayanya juga outstanding tergantung siapa pemiliknya dan apa kesukaannya. Aliran modifikasi kendaraan ini juga banyak sekali. Tapi kalau mau dikategorikan, bisa dari jenisnya, seperti Chopper, Caferacer, Scrambler, Tracker, dan masih banyak lagi,

Chandra menambahkan, jika ingin melakukan modifikasi kendaraan ada kuncinya yaitu cari tahu dengan jelas apa kesukaan kita. Seperti apa selera pribadi kita. Senangnya melihat kendaraan warna apa, materinya apa, dan lainnya. Dengan demikian, kendaraan tersebut bisa dibangun sesuai selera pribadi, seperti judul proyeknya: CUSTOMISED!

Pickers Stores ini didirikan memang untuk menyalurkan rasa suka terhadap motor dan mobil kustom. Bersama istrinya, Chandra mendirikan toko yang juga menjadi wadah untuk kustom kulture khususnya di bandung. Chandra mengaku dengan senang hati akan menyelenggarakan event, apparels, sampai barang-barang modifikasi yang dibutuhkan. 

Inspirasi awal mendirikan Pickers Stores adalah acara reality show American Pickers, yang bercerita tentang dua pemuda Amerika jalan-jalan keliling Amerika mencari barang antik dan unik. Jadilah Pickers Stores di Bandung didirikan dengan harapan mampu menjadi wadah bagi local brand terutama untuk scene kustom kulture.

Oh iya, Brad, menurut Chandra, peminat kustom kulture di setiap tahunnya semakin bertambah. Ini berarti kultur ini mulai berkembang berbarengan dengan industrinya. Dari mulai produsen yang memodifikasi kendaraan sampai apparels-nya, mulai bermunculan dan semakin banyak. Ini berarti pergerakan kustom kulture di Indonesia mulai berkembang dan perlu terus dijaga.

Wih, sedap, ya, pengetahuannya! Jadi nanti Chandra akan menyumbangkan kemampuan mengarahkan modifikasi motor besar Coklat Retro custom sesuai kepribadian lo. Mantap! Biar makin mantap dan besar kesempatan memenangkan 1 unit motor Triumph Bonneville langsung daftarin diri lo di sini!