Pinstriping Your Thing!

Pinstriping Your Thing!

Salah satu modifikasi yang akrab di telinga dalam dunia modifikasi motor adalah pinstriping. Seni menggaris tipis dengan kuas tertentu untuk menciptakan sebuah dekorasi artistik di bagian tertentu sebuah motor. Apakah Braders ada yang tertarik mendalami Pinstriping? Udah tahu kebutuhan dasarnya? Cek di sini, Brad!

The essential things to do Pinstriping are paints and brushes! Dan karena freehand pinstriping adalah salah satu metode pinstriping yang paling sulit, maka hal utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan kuas.  Ada beberapa jenis kuas yang bisa digunakan tergantung jenis garis tipis yang akan diciptakan.  Tapi ada dua jenis kuas pin stripe yang biasanya selalu ada di dalam kotak perkakas, yaitu:

  • Sword Brushes

Sword yang berarti pedang diadaptasi jadi nama kuas pin stripe untuk jenis kuas kurus, panjang dan ujung yang tajam. Meruncing dan mengecil  seperti pedang. Goresan halusnya bisa menarik garis lurus tipis khas dunia pin stripe. Sword brush adalah kuas pegangan untuk semua seniman pinstriping, Brad!

  • Daggers Brushes

Kuas yang juga jadi kuas andalah pin stripe adalah Dagger Brush. Bentuknya tidak meruncing miring seperti Sword Brush yang menyerupai pedang, kuas tipe Dagger biasanya digunakan untuk membuat lekukan-lelukan garis yang kuat.

Selain dua jenis kuas ini, ada juga kuas-kuas yang nggak kalah penting untuk melengkapi kebutuhan pin stripe, seperti Long Hair Brush yang biasanya dipakai untuk membuat garis-garis panjang, lalu ada Short Hair Brush yang biasa dipakai untuk membuat detil aksen tertentu. Kemudian ada juga Sign Painters Brush yang bentuk pegangannya mirip dengan kuas hand lettering sehingga memudahkan artist untuk membuat sebuah garis yang detail dengan lebih nyaman.

Karena kuas ini jadi alat utama artist pin stripe, kuas-kuas ini juga butuh perawatan. Braders harus cukup telaten dengan langsung membersihkan kuas setelah pemakaian. Gunakan tiner atau cairan pembersih meluruhkan sisa cat yang menempel. Angin-anginkan dan berikan sedikit minyak sebelum masuk kotak penyimpanan agar kuas tetap lemas. Sebelum digunakan kembali, bersihkan sisa minyak kuas dengan tiner.

Anyhow, kalau lo tertarik di dunia pinstriping, lo bisa mulai membeli Pin Stripe Starter Kit yang biasanya berisi Sword Brush, Lettering Enamel (Black&White), Neatsfoot Oil, Paint Reducer, Brush Cleaner,  Wipeout Tool, Chinagraph Pencils, dan wadah ukur untuk mengoplos minyak dan tiner.

Udah kebayang mau mulai dari mana, Brad?