Modifikasi Gaya Hidup, Lo!

Seberapa sering kita ketemu sama momen yang bikin bilang “AHA!” ? Pengin nggak, sih, mewujudkan khayalan tentang sesuatu yang bikin kita merasa perlu bergerak untuk berubah, tapi ada sepersekian persen keraguan yang muncul dari diri sendiri. Lagian, emangnya bisa merancang gaya hidup sendiri?

Nggak ada yang nggak bisa, Brad! Semua bisa, semua ada jalan, asal kita punya kemauan. Ada beberapa hal, sih, yang perlu diperhatikan supaya kita bisa mulai merancang dan menjalankan pilihan gaya hidup tersebut. Misalnya, nih, selama ini lo adalah pengendara motor setia. Dibandingin nabung untuk beli mobil, lo lebih milih nabung buat modifikasi si motor. Tapi karena tabungan nggak sampe-sampe, keinginan buat modifikasi motor belum kesampean juga sampe sekarang. Gimana caranya, ya, supaya cepat tercapai? Ini dia yang bakal kita bahas sekarang, Simak, ya!

Selalu ada pilihan
Hidup itu pilihan. Ada kanan dan kiri. Ada atas dan bawah. Ada banyak pilihan. Sebagai manusia, kita memang harus memilih, dan terkadang memilih menjadi hal yang sulit karena kita terlalu banyak pertimbangan. Satu hal yang harus diingat adalah hidup kita adalah milik kita sendiri, brad. Keputusan yang kita ambil, walau nanti dapat penilaian dari orang lain, tapi yang akan menjalaninya adalah kita sendiri, bukan orang lain. Masukan dari orang boleh dijadikan pertimbangan, tapi pengambil keputusan adalah kita sendiri. Kalau kita sudah memilih, pastikan kita menjalani pilihan tersebut dengan maksimal.

Get a little selfish
Boleh egois? Selama positif kenapa tidak? Jadi gini maksudnya, brad. Kadang-kadang setelah mengambil suatu pilihan, sebagai manusia kan butuh pengakuan. Nah, kalau ternyata apresiasi dari lingkungan sekitar terasa kurang, jadi kurang semangat ngerjainnya. Egois dikit, nggak usah terlalu mikirin pendapat orang lain, bisa jadi kuncinya. Mungkin di awal, lo emang dapet sentimen negatif and less appreciation. Tapi siapa yang bisa tahu nasib orang, kan? Kalau tekun dan ternyata hasilnya maksimal walau tidak dalam jangka waktu instan, lo juga yang bakal merasa lega karena mau egois sedikit dan tetap tekun dengan pilihan sendiri.

Nikmati perubahannya
Perubahan bisa jadi hal yang menakutkan atau menimbulkan rasa kurang nyaman. Nah, supaya perubahannya tidak terasa mengejutkan dan menakutkan, just start with small steps, brad! Seiring dengan waktu, perubahan-perubahan kecil akan menjadi besar. Sesuatu yang minor jadi mayor, dan adaptasi juga bisa dilakukan secara perlahan. Let’s embrace the change and just do it!

Gimana, nih? Udah berani melakukan perubahan gaya hidup? By the way, kalo ternyata hobi lo bangun motor sebetulnya dilakukan sebagai pengganti motor besar yang belum kesampaian, lo bisa ikutan undian di sini, Brad! Ada hadiah motor besar Coklat Retro custom special buat lo yang beruntung dan berhasil menghadapi semua tantangan dari Coklat Retro!