COKLAT RETRO COFFEE BRAAAKE - LOCAL CRAFTERS PRIDE

First event in 2017! Setelah sukses menggelar selebrasi kreatif anak muda bulan Desember 2016 kemarin, Coklat Retro kembali menggelar ajang berkumpul bagi para braders di Mayasari Plaza, Tasikmalaya, pada hari Minggu, 15 Januari 2017. Kali ini Coklat Retro membawa lagi semangat “Local Crafters Pride” yang tujuannya untuk mendukung potensi kreatif dan heritage lokal. Sebelumnya, kenapa sih kita ngangkat “Local Crafters Pride”? Braders semua pasti tau kan kalo pergerakan Kustom Kulture di Indonesia sekarang ini semakin berkembang, yang pastinya beriringan dengan potensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia di Indonesia itu sendiri. Kita punya banyak banget heritage, budaya, dan tentunya para crafters dengan kemampuan yang gak ada bandingannya. Keindahan dari heritage dan crafters kita bukan cuma mengutamakan kemampuan, tapi setiap karyanya punya nilai dan esensi yang mendalam. Hal-hal inilah yang harus kita jaga sampai kapanpun, brads, sebagai jati diri kita sendiri dan semangat untuk terus berkarya.

Di Coklat Retro Coffee Braaake kali ini ada banyak banget keseruan yang luar biasa! 

KUMPUL KOMUNITAS & ROLLING THUNDER

Coffee Braaake hadir lagi sebagai wadah berkumpulnya para pecinta kustom kulture dan komunitas motor di Tasik. Ada SOG, Umbrella Motorcycle, CB Brinka, Siliwangi Retro Bike, Ninja Fans Club, BMC, Felix and Friends, MACI, Brotherhood, Non Klub, dan Low Rider Tasik. Dari open gate jam 13.00 sudah banyak braders yang berdatangan dan memenuhi parkiran dengan motor kesayangannya masing-masing. Para braders tampil dengan sangat maksimal dan sesuai karakteristik mereka. Mereka langsung bersiap untuk rolling thunder keliling Tasikmalaya. Selama perjalanan keliatan banget semua menikmati berkendara bersama dan tetap tertib mengikuti guide yang ada! Dan walaupun di tengah jalan hujan menerjang, gak menurunkan semangat para braders. Justru semuanya semakin keliatan bahagia berkendara di bawah tetesan hujan! Sampai tiba lagi di venue, para braders langsung menikmati acara dan nongkrong bersama.

 

MAK IYAH & POHON PAYUNG GEULIS TASIK

Di Coklat Retro Meet Up Tasik 2016, kita semua udah lihat kan aksi dari Mak Iyah (71), satu-satunya pengrajin payung geulis Tasik yang masih ada. Di Coffee Braaake kali ini, beliau hadir dan berkolaborasi lagi bersama Fahmi Freeflow untuk melanjutkan melukis motor Norton kepunyaan Uyung Aria. Mak Iyah melukis bunga teratai sebagai ikon Tasikmalaya. Di sini bukan sekedar tentang melukis brads, tapi tentang semangat berkarya berapapun umur lo! Dan tentunya tentang semangat untuk selalu men-support local crafters kita. Bisa dibayangin betapa banyaknya budaya dan nilai lokal yang kita punya, kalau bukan kita yang ngejaga itu semua untuk tetap hidup, siapa lagi brads? Ini juga merupakan bentuk apresiasi kita kepada Mak Iyah yang selalu setia menjaga eksistensi dari payung geulis. Aksi Mak Iyah ini juga bakal didokumentasiin dan dibawa ke Jepang loh brads! Payung Geulis Tasik Goes International!

Coklat Retro telah menghadirkan 2 buah Pohon Payung Geulis yang juga menjadikan payung-payung hasil lukisan di Coklat Retro Meet Up Tasik kemarin menjadi bagian dari payung ini. Payung Pohon ini terbuat dari bambu, dan dibuat oleh Sukapura Project dan URGTSK, tentunya Uyung Aria juga ikut terlibat. Pohon Payung Geulis ini akan menjadi simbol kebanggaan terhadap pengrajin lokal yang akan terus tumbuh di dalam diri kita, dan semua braders yang hadir akan menjadi saksi bahwa kita bersama-sama bergerak untuk mempertahankan local crafters di Indonesia. Di sini Coklat Retro mengajak semua braders untuk ikut berpartisipasi dalam pelestarian Payung Geulis Tasik. Tunjukkan aksi lo dengan cara menggambar simbol “love” pada Pohon Payung Tasik menggunakan alat yang telah disediakan. Dan ternyata antusias para braders emang gak ada dua! Banyak banget yang berpartisipasi dan semangat ngegambar di Pohon Payung!

 

LIVE PAINTING

Irvine Jasta dan Decky Sastra juga kembali hadir di Coklat Retro Coffee Braaake. Kali ini mereka live painting di shellpack Coklat Retro dengan tema “Local Crafters Pride”. Shellpack mereka kemudian dilelang di akhir acara. Bukan hanya live painting dari Irvine dan Decky, braders-braders juga melakukan live painting di media payung geulis Tasik lagi. Ajang berkumpul di sini sekaligus menjadi ajang berkarya juga brads! Dan banyak banget braders yang ngobrol sama Irvine dan Decky, sharing tentang tips-tips berkarya!

 

TALKSHOW

Ada tamu yang hadir juga nih ke Coklat Retro Coffee Braaake! Mereka adalah Chandra Pickers dan Prio, tim BBQ Ride yang lagi melakukan road show keliling dari Bandung hingga Denpasar buat nyebarin undangan ke beberapa komunitas di setiap kotanya. Mereka menyempatkan diri untuk mampir ke Coffee Braaake dan sharing seputar BBQ Ride. BBQ Ride adalah acara kustom tahunan yang diadakan di Bandung, tahun ini bakal diadain tanggal 8 April 2017! Dateng ya brads! Selain talkshow tentang BBQ Ride, kita juga berbincang-bincang dengan tokoh kreatif Tasik, Uyung Aria dan brader Adith URGTSK. Mereka bercerita tentang apa aja yang udah mereka lakuin untuk menghidupkan potensi kreatif di Tasik, mulai dari gerakan pungut sampah yang dilakukan oleh anak muda sampai acara-acara besar. Menginspirasi banget brads! Sekarang kita tahu bahwa pecinta kustom kulture ini bukan cuma sekedar hobi motor, tapi punya semangat yang tinggi untuk selalu men-support local crafters dan heritage!

 

MUSIC PERFORMANCE

Seiring berjalannya acara, braders-braders dihibur dengan penampilan band-band yang keren! Di sore hari ada The Little Lizard, band asal Tasik yang menghidupkan suasana. Walaupun baru beres hujan, mereka berhasil membuat braders semua tetep enjoy dan have fun di venue! Di malam hari, ada penampilan dari TB Band yang membawakan lagu-lagu classic rock. Buat braders yang liat penampilan mereka pasti sepakat kalau sang vokalis punya suara yang gokil abis dan membuat semua braders sing along, bahkan minta encore! Last but not least! Acara ini ditutup oleh penampilan dari D’Ubz yang membawakan lagu-lagu tahun 80an. Seketika depan panggung langsung penuh sama braders yang joget dan nyanyi bareng! Di akhir-akhir penampilan, mereka juga mengajak brader Budi Dalton, Eddi Brokoli, Uyung Aria, dan Satria NB buat ke atas panggung dan nyanyi bareng. Suasana jadi semakin hidup dan rame!

 

Terima kasih Tasik! Kalian selalu berhasil menjadi tuan rumah dan membuat kita semua susah move on sama acara-acara yang diselenggarakan di sana! Semoga ikatan persaudaraan ini semakin kuat dan tentunya semangat Local Crafters Pride kita semakin hidup ya brads! See you again!