COFFEE BRAAAKE & KUSTOM ART WORKSHOP : CIAMIS

Brads! Sabtu, 10 Desember 2016 kemarin kita kembali mengadakan Coffee Braaake, kali ini di Taman Raflesia Ciamis. Ini merupakan ajang berkumpulnya braders-braders Ciamis dan sekitarnya. Dan ternyata Coffee Braaake ini adalah acara motor kustom perdana di Ciamis, walaupun begitu semangat dan antusias para braders-nya sangat luar biasa. Selain ajang kumpul, ada Kustom Art Workshop juga loh yang tujuannya untuk memperkenalkan dan membuka pandangan braders-braders mengenai dunia kustom kulture, mulai dari sejarah singkat, pengertian, dan lain-lain.

Acara dimulai dengan pelaksanaan Kustom Art Workshop bersama Fahmi Freeflow sebagai narasumber dan dimoderatori oleh Dodi Nursaiman. Topik utama workshop ini membahas tentang Kustom Kulture. Pemilik Freeflow ini mengatakan bahwa Kustom Kulture adalah menambahkan nilai lebih terhadap sesuatu hingga menunjukkan identitas seseorang. Salah satu aspek yang paling menonjol dari Kustom Kulture adalah art atau seni-nya. Seni visual sangatlah dekat dengan dunia kustom, dan cenderung memiliki gaya yang identik. Begitu pula dengan para senimannya, masing-masing pasti punya karakteristik gambarnya sendiri. Hal yang menarik dari Kustom Art adalah bagaimana ia memperkuat identitas sesuatu atau seseorang, karena memang tujuan awalnya untuk menunjukkan karakteristik kita sebagai sosok tertentu. Selama berkarya di dunia kustom Fahmi juga merasa karyanya sangat dihargai oleh orang lain dengan berkarya secara bebas.

Itulah yang Fahmi ajak kepada para braders peserta workshop, bahwa dalam berkarya kita bebas menampilkan apapun dalam media apapun. Selain untuk ekspresi diri, kita juga akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika karya kita dihargai dan bermanfaat untuk orang lain. Braders-braders pun sangat termotivasi untuk langsung berkarya pada media shellpack Coklat Retro menggunakan marker warna putih, emas, dan silver yang telah dibagikan. Tidak perlu menjadi seorang profesional untuk menghasilkan karya yang berkarakter, brads! Karena di sini terlihat sekali kalau braders-braders tidak takut untuk menuangkan kreativitasnya dengan gaya gambar yang beragam. Ada yang suka mengolah tipografi, ada yang lihai memainkan garis dengan teknik pinstripe, ada yang senang membuat ilustrasi, dan lain-lain. Inspirasi mereka juga sangat menarik, ada beberapa braders yang membuat karya tentang komunitasnya.  Setelah braders selesai menggambar, Fahmi kemudian memilih karya yang paling menarik mata. Agak sulit juga bagi Fahmi, karena ternyata sudah banyak yang mengerti tentang kustom art dan terlihat dari karya mereka yang keren-keren. Akhirnya terpilihlah 3 braders beruntung ini, dan mereka pun menjelaskan kepada braders lainnya mengenai karya mereka. Coklat Retro memberikan bingkisan sebagai apresiasi kepada 3 braders ini. Sampai workshop selesai pun masih terlihat antusias mereka yang tinggi, tidak sedikit braders yang mendatangi Fahmi untuk berfoto bersama dan bertanya-tanya. Bahkan seorang braders pun ada yang memberikan souvenir dari komunitasnya kepada Fahmi sebagai kenang-kenangan dan rasa terima kasih.

Seselesainya workshop, di lapangan telah berkumpul braders-braders bersama motor kesayangannya masing-masing dan siap melakukan rolling thunder. Ditemani oleh Retro Car, kurang lebih sebanyak 145 braders dari berbagai komunitas dari Ciamis dan sekitarnya langsung tancap gas mengelilingi Ciamis. Di jalan pun terlihat mereka sangat bersemangat dan berkendara dengan tertib. Walaupun di tengah jalan hujan menerjang, tidak mematahkan semangat braders-braders untuk melanjutkan perjalan hingga kembali ke venue. Antusias braders-braders tidak hanya terlihat saat rolling di jalan, tapi dari penampilan mereka juga. Banyak yang menggunakan setelan rapi dan berdasi, sangat menghidupkan suasana “retro”-nya. Di Coffee Braaake ini juga ada ajang kontes motor. Braders-braders langsung membariskan motor-motor di depan booth Coklat Retro dan mereka dengan seriusnya membersihkan motor masing-masing supaya tampil ganteng saat penilaian yang menggunakan sistem voting ini. Selain kontes motor, ada kontes foto pin up girl yang bisa diikuti oleh semua braders yang ada di venue.

Semakin malam suasana pun semakin ramai. Braders-braders semakin banyak yang berdatangan dan langsung bertegur sapa dengan braders lainnya. Terlihat sekali persaudaraan braders-braders ini, semua asyik nongkrong dan berbincang-bincang bersama. Ditambah lagi dengan banyaknya games seru dari MC yang melibatkan para braders, dan braders pun tidak ada yang malu-malu mengikuti games itu. Brader yang mencoba game VR Motoretro juga tidak pernah sepi penonton, dan salah seorang brader berhasil mencapai poin tertinggi hingga 97. Penampilan band-band di atas panggung juga menghibur dan meramaikan suasana. Acara ditutup dengan pengumuman kontes motor dan foto. Saat pulang pun masih kelihatan suasana kekeluargaan dari para braders yang saling pamit dengan membunyikan klakson.

Itu dia keseruan acara motor kustom perdana di Ciamis yang bisa dibilang sukses berat! Terima kasih untuk para braders yang udah ikutan workshop, semoga ilmunya bisa memotivasi kalian untuk terus berkarya dan menunjukkan identitas kalian. Terima kasih juga kepada semua braders Ciamis dan sekitarnya yang udah datang dan nikmatin Coffee Braaake ini bareng-bareng dari awal sampai akhir. Semoga tali persaudaraan para braders tetap terjaga dan kustom kulture di Ciamis dan sekitarnya semakin hidup. Sampai bertemu di acara puncak Coklat Retro tanggal 17 Desember 2016 di Tasik, Brads!