COKLAT RETRO PEOPLE : IRVINE JASTA

Pemilik Pickerstore, seniman pinstripe, a lady biker, pecinta lifestyle motor kustom & klasik. Lo semua pasti tau kan sama yang namanya Irvine Jasta? Wanita kelahiran Bandung 11 Mei 1985 ini adalah seorang lulusan Universitas Widyatama jurusan Desain Komunikasi Visual. Kegemarannya terhadap dunia desain grafis memang telah lama dimiliki oleh Irvine. Dan dalam 2 tahun ini ia memperdalam bidang ilustrasi dan pinstriping. Irvine telah banyak berkarya melalui media-media yang tidak biasa seperti tangki motor, body truk, helm, dan lain-lain. Kecintaan Irvine terhadap lifestyle kustom-lah yang menginspirasinya untuk berkarya di media anti-mainstream. Menjadi seorang wanita tidak menghalanginya dalam menghidupi lifestyle ini. Kecintaannya terhadap lifestyle kustom telah ada sejak kecil karena ia tumbuh di lingkungan itu. Kakeknya merupakan ketua HDCI pada masa itu, bahkan neneknya pun seorang rider. Pernah ada cerita saat Irvine pertama kali bermain motocross bersama teman-temannya dan dia adalah perempuan sendiri. Irvine justru merasa semakin tertantang untuk menjadi pribadi yang tough dan mandiri. Pengalaman itu tentunya memberikan kepuasan tersendiri kepada Irvine.

Scene motor dan mobil kustom di Indonesia dalam 2 tahun terakhir ini sangat meningkat menurut Irvine. Teknologi sosial media memang sangat membantu mengekspose dunia ini, tapi kunci sebenarnya tentu berangkat dari semangat anak muda lainnya yang semakin tinggi dalam menghidupi scene ini. Irvine dan suami, Chandra, bisa dibilang menjadi salah satu orang yang berperan menghidupkan scene di kota Bandung untuk generasi sekarang. Mereka pernah membuka usaha berjualan barang-barang second menggunakan VW Combi di Jalan Trunojoyo, Bandung. Hingga akhirnya pada tahun 2011, mereka berhasil membuka toko sendiri dengan nama Pickerstore di Jalan Pelajar Pejuang 45 no. 100, Bandung yang memfokuskan pada semua produk yang berbau motor dan mobil kustom, mulai dari clothing, aksesoris, dan lain-lain. Pickerstore tidak hanya menjadi tempat mereka, tapi juga menjadi wadah bagi kawan-kawan untuk menjual produk mereka masing-masing. Mereka pernah mengadakan pameran “Gaspol Remblong”, berisikan karya-karya Irvine dan teman-teman lainnya. Pickerstore juga menjadi pionir yang menyelenggarakan acara tahunan di Bandung, yaitu BBQ Ride.

Berkendara motor tua dan mengaplikasikan seni grafis terhadap kendaraan bukan hanya sekedar hobi bagi Irvine, tapi sudah menjadi suatu jalan hidup. Dari lingkungan ini Irvine menemukan banyak teman baru, bahkan memperluas lingkaran pertemanannya, dan bersama-sama saling dukung dalam menghidupi lifestyle ini. Pickerstore juga menjadi salah satu kebanggan terbesar Irvine, ketika dia dan suami bisa menjadikan hobi sekaligus mata pencaharian yang memberikan banyak manfaat untuk orang lain, karena memang tujuan awal dibangunnya Pickerstore adalah untuk mendukung local culture & crafters. Irvine berharap semoga scene ini terus berkembang, dan semua pecinta lifestyle motor dan mobil kustom bisa bersatu tanpa melihat perbedaan keluaran tahun berapa motor kita, ataupun jaket apa yang kita kenakan. Because we are all brothers (and sisters, of course). Keep the bond strong, Brads!