A Closer Look To The Mother Road: Route 66

Brads! Pasti sering denger dong sama jalan yang paling legendaris di dunia motor kustom dan klasik ini? Kayaknya sudah menjadi cita-cita setiap bikers dari seluruh penjuru dunia untuk mencoba riding di sana. Nah, ada pepatah yang billing “tak kenal maka tak sayang”, ada baiknya kita kenali jalan ini lebih dekat supaya cita-cita kita itu juga terasa lebih dekat, Brads!

 

US Route 66, atau yang biasa dikenal sebagai Route 66 atau Mother Road ini merupakan jalan raya menghubungkan area barat dan timur Amerika Serikat, melintasi 8 bagian negara AS, yaitu Illinois, Missouri, Kansas, Oklahoma, Texas, New Mexico, Arizona dan California. Route 66 pertama kali diresmikan pada tanggal 11 November 1926. Dengan total panjang 1.320 km di masa itu, jalan ini menyokong ekonomi masyarakat Amerika Serikat. Banyak yang membuka bisnis di sepanjang jalan ini dan sangat menguntungkan seiring meningkatnya popularitas jalan ini. Tidak sedikit ancaman bahwa jalan ini akan diganti dengan sistem jalan raya antarkota yang baru, namun masyarakat selalu memperjuangkan agar jalan ini tetap dipertahankan. Bahkan pada 27 Juni 1985, Route 66 pernah resmi dinonaktifkan karena dianggap tidak relevan sebagai jalan raya antarkota. Namun seiring berkembangnya waktu dan banyak perubahan yang terjadi, jalan ini berhasil mendapatkan tempatnya kembali di atas peta. Sekarang ini panjangnya mencapai 4.125 km, kurang lebih 4 kali bolak balik Bandung-Jogja, Brads! Gak heran kenapa jalan ini sangat sakral bagi para bikers.

 

Jarak bukanlah satu-satunya poin yang membuat jalan ini terkenal. Sangat banyak film yang menjadikan Route 66 sebagai lokasi shooting mereka. Pemandangan dan suasananya yang khas membuat siapapun akan langsung mengenali jalan ini. Khususnya untuk para bikers, pasti sudah terbayang, kan, betapa serunya riding di jalan ini. Bersama motor stay mobil kesayangan, berkelana menerjang terik matahari di atas aspal menuju titik terjauh dari penglihatan mata kita bisa memandang. Just ride, and ride, Brads! Route 66 ini juga telah banyak menginspirasi para musisi dalam karya mereka. Banyak lagu-lagu yang mengisahkan tentang jalan ini, diantaranya Route 66 oleh Bobby Troup, King of The Road oleh Roger Miller, No Particular Place To Go oleh Chuck Berry, dan masih banyak lagi.

 

Gimana, Brads? Semakin ingin menjelajahi Route 66 yang legendaris ini? Semoga suatu hari cita-cita kita ini tercapai, ya! Well, don’t give up on your dreams and get your kicks on Route sixty-six!

 

*Sumber gambar :  www.route66livecams.com | www.s.hswstatic.com | www.files.vividscreen.info