Exciting Journeys On Screen

 

Pecinta kehidupan motor kustom dan klasik seperti braders-braders sekalian pasti punya banyak hobi di luar motor, kan? Ada kalanya saat kita lagi gak berkelana di jalan bersama motor kesayangan, nonton film juga bisa jadi satu hiburan yang sangat menarik. Ada beberapa film tentang lifestyle motor kustom dan klasik yang bisa lo nikmatin, nih Brads!

 

1. The Wild One (1953)

 

Salah satu film paling klasik tenting dunia permotoran. The Wild One menceritakan tentang Johnny Strabler (Marlon Brando) yang merupakan kepala dari sebuah geng motor bernama Black Rebel Motorcycle Club / BRMC (yang mungkin menjadi inspirasi dibentuknya band asal San Fransisco, yang berama BRMC). BRMC dikenal sebagai geng motor yang sering bertindak semau mereka ke manapun mereka pergi. Suatu hari, mereka membuat onar di sebuah ajang balap motor. Peran Johnny dalam rangkaian peristiwa yang ia sebut sebagai “whole mess” ini menggambarkan sekaligus mengangkat lifestyle motor kustom dan klasik dari tahun ke tahun.

 

2. Easy Rider (1969)

Film ini mengisahkan tentang dua orang pengendara, Wyatt dan Billy, yang berkelana melintasi seluruh Amerika setelah menjual kokain dalam takaran besar. Selama perjalanan, mereka bertemu dengan berbagai orang yang memiliki beragam sudut pandang mengenai kehidupan secara general, maupun pandangan terhadap kehidupan yang dijalani oleh Wyatt dan Billy. Easy Rider tidak hanya mengisahkan tentang lifestyle motor klasik, tapi juga mengangkat tentang isu-isu sosial yang terjadi di Amerika pada tahun 1960an, seperti kehidupan hippies, penggunaan obat-obatan, kelompok komunal, dan lain-lain. Film ini juga menjadi salah satu film yang mendongkrak pembuatan film di tahun 1970an.

 

3. Riding Solo to The Top of The World (2006)

Film dokumenter ini menceritakan tentang pengalaman unik dari seorang traveler penyendiri, Gaurav Jani yang melakukan perjalanan solo bersama motornya dari Mumbai ke salah satu tempat paling terpencil di dunia, Changthang Plateau, di perbatasan Cina. Proses shooting film ini dilakukan oleh Jani seorang, yang mengekspos segala keindahan dan kesulitan selama berkelana yang hanya ditemani oleh motor Royal Enfield Bullet 350 CC-nya. Bisa dibilang film ini adalah perjalanan spiritual sang tokoh utama. Selama perjalanannya, ia berinteraksi dengan beragam orang dari berbagai daerah, menghadapi berbagai tantangan, hingga pada akhirnya ia mendapatkan esensi berupa penemuan jati dirinya.

 

 

4. Wild Hogs (2007)

Empat pria sekawan paruh baya yang menjalani kehidupan “normal” layaknya kebanyakan orang. Suatu hari, mereka merasa jenuh dengan kehidupan yang mereka jalani dan ingin mencoba menghidupi lagi hobi lama yang telah mereka tinggalkan, yaitu turun ke jalan dan melakukan road trip bersama motor besar kesayangan mereka. Bagi orang-orang suburban yang sudah terbiasa duduk di balik meja kantor seperti mereka ini, kembali duduk di atas jok motor dan berkelana menjadi suatu hal yang baru. Sepanjang road trip, mereka merasakan kembali serunya berkendara seperti di hari-hari muda, sampai akhirnya tanpa disengaja mereka terlibat masalah dengan geng motor di tengah perjalanan. Hingga pada akhirnya mereka mendapatkan kembali semangat hidup dari hobi lama mereka ini. Film komedi ini sangat ringan dan menghibur, yang mungkin akan menjadi gambaran kehidupan kita di masa mendatang. Ketika sedang penat dengan kehidupan yang dijalani, selalu ingatlah bahwa menjalankan hobi kita ini akan selalu memberi pengalaman baru dan kepuasan tersendiri.

 

5. Harley and The Davidsons series (2016)

The Harley and The Davidson adalah film series keluaran tahun 2016. Seperti judulnya, series ini mengisahkan tentang perjalanan Arthur Davidson, bersama saudaranya, Walter Davidson, Sr. dan seorang teman sepermainannya, William S. Harley yang mempertaruhkan seluruh kekayaan mereka pada masa itu demi mendirikan sebuah perusahaan motor yang kini kita kenal sebagai “Harley Davidson”. Masing-masing dari mereka memiliki latar belakang dan tantangan yang berbeda, tapi motor-lah yang menyatukan mimpi dan ambisi mereka. Kisah ini telah bertahan lebih dari 100 tahun, dan akan sangat berharga untuk diceritakan kembali kepada generasi seterusnya, khususnya untuk para pecinta motor dan pengendara setianya.

 

Itu dia brads 5 film yang patut ditonton dan dinikmati. Kita bisa belajar banyak dari film-film di atas, dan tentunya untuk semakin mengenal bahkan memperluas pandangan kita tentang lifestyle motor klasik. You’ve got the movies, you only need one other gear, popcorn!

 

*Sumber Gambar : 

The Wild One (sumber- www.siddharthchoudhary.com)

Easy Rider (sumber- httpwww.impawards.com)

Riding Solo (sumber- www.imdb.com)

Wild Hogs (sumber- httpwww.impawards.com)

Harley and The Davidsons (sumber- www.imdb.com)